Kamis, 21 Agustus 2008

Pemrograman Mikrokontroler menggunakan BASCOM (Part-1)

Pemrograman Mikrokontroler menggunakan BASCOM (Part-1)

PENDAHULUAN

Mikrokontroler merupakan chip cerdas yang menjadi tren dalam pengendalian dan otomatisasi, terutama di kalangan mahasiswa. Dengan banyak jenis keluarga, kapasitas memori, dan berbagai fitur, mikrokontroler menjadi pilihan dalam aplikasi prosesor mini untuk pengendalian skala kecil.

Beberapa vendor populer seperti Intel, Atmel, Motorola, Microchip, dan Harris telah memasarkan beberapa jenis mikrokontroler ke pasar di seluruh dunia dalam berbagai bentuk dan fiturnya.

MIKROKONTROLER AVR

Mikrokontroler AVR (Alf and Vegard’s Risc processor) dari Atmel ini menggunakan arsitektur RISC (Reduced Instruction Set Computer) yang artinya prosesor tersebut memiliki set instruksi program yang lebih sedikit dibandingkan dengan MCS-51 yang menerapkan arsitektur CISC (Complex Instruction Set Computer).

Hampir semua instruksi prosesor RISC adalah instruksi dasar (belum tentu sederhana), sehingga instruksi-instruksi ini umumnya hanya memerlukan 1 siklus mesin untuk menjalankannya. Kecuali instruksi percabangan yang membutuhkan 2 siklus mesin. RISC biasanya dibuat dengan arsitektur Harvard, karena arsitektur ini yang memungkinkan untuk membuat eksekusi instruksi selesai dikerjakan dalam satu atau dua siklus mesin, sehingga akan semakin cepat dan handal. Proses downloading programnya relatif lebih mudah karena dapat dilakukan langsung pada sistemnya.

Sekarang ini, AVR dapat dikelompokkan menjadi 6 kelas, yaitu keluarga ATtiny, keluarga AT90Sxx, keluarga ATmega, keluarga AT90CAN, keluarga AT90PWM dan AT86RFxx. Pada dasarnya yang membedakan masing-masing kelas adalah memori, peripheral, dan fungsinya, sedangkan dari segi arsitektur dan instruksi yang digunakan, mereka hampir sama. Sebagai pengendali




utama dalam pembuatan robot ini, digunakan salah saproduk ATMEL dari keluarga ATmega yaitu ATmega8535.

Untuk mengetaui lebih jauh tentang seluk beluk dari Atmega8535 ini, kita bisa lihat pada datashet yang bisa kita download melalui internet.

COMPILLER & DOWNLOADER

Copiller adalah suatu software yang digunakan untuk mengubah listing program yang kita buat menjadi suatu file yang dapat dibaca sekaligus dijalankan oleh micro. Dalam hal ini program diubah menjadi FILE.HEX. Naahh… gimana caranya program yang diuabah ke .HEX dimasukan ke micro?? Padahal micro ga punya pintu. Maka dari itu kkita juga mesti tahu yang namanya downloader. Dengan demikian file.HEX dapat tersimpan di memori micro.

Bahasa pemrograman yang akan kalian pelajari, adalah bahasa basic, yang relative mudah dibandingkan bahasa-bahasa pemrograman lain. Maka dari itu kita perlu BASCOM. jangan salah ni bukan buat ngrendem kaki, tapi Bascom yang ini adalah software yang digunakan untuk mengcopille program program. Cara install ke computer cukup ngopi mazter pilih set up tekan next atau yes trus finish!!! Sedangkan cara make’nya bias kita pelajari bersama. Dah itu dulu.

Kalau compiller sudah, sekarang downloader. Untuk downloader kita gunakan software ponyprog2000. Cara installnya sama, tinggal di next,install dan finish. Cara make’nya? Ntar belajar bareng.

(bersambung ke part-2)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar